Punya Masalah Dengan Kartu MicroSD Tidak Mendeteksi Coba 7 Tips ini

Bagaimana mengatasi ponsel Android yang tidak mendeteksi masalah kartu SD - 7 solusi mudah

Jadi kartu SD baru yang Anda beli untuk memperluas penyimpanan di perangkat Android Anda tidak berfungsi? Berikut adalah panduan komprehensif untuk memperbaiki ponsel yang tidak mendeteksi masalah kartu SD sekarang.

Sementara pengguna iPhone selalu berusaha menghemat setiap megabyte yang dapat mereka simpan, sebagian besar pengguna Android tidak perlu khawatir tentang masalah sepele seperti itu. Setiap kali ruang penyimpanan Android Anda tampaknya habis, penyimpanan gigabyte tambahan dengan kartu SD bisa menjadi penyelamat.

Sudah Tahu Kha Kamu ponsellular sekarang mengajarkan Tutorial Flashing Ponsel – Coba Sekarang

Memasang kartu MicroSD adalah salah satu cara terbaik untuk menyelesaikan masalah ‘ penyimpanan tidak mencukupi ‘ di Android, dan pastikan Anda memiliki cukup ruang untuk semua media dan file lainnya. Namun, bahkan dengan kemampuan untuk melakukannya, banyak pengguna bermasalah dengan masalah kartu SD yang tidak terdeteksi di ponsel, bersama dengan pesan kesalahan seperti “perangkat ini tidak mendukung kartu SD ini”.

Posting ini menyoroti sejumlah teknik mencoba dan terbukti yang dapat Anda gunakan untuk sepenuhnya memperbaiki kartu SD yang tidak terdeteksi masalah Android. Umpan balik Anda sangat berharga bagi kami, menjangkau forum kami dan kami akan melakukan yang terbaik untuk membantu!

Bagaimana mengatasi telepon yang tidak mendeteksi masalah kartu SD di Android

Masalah kartu MicroSD yang tidak teridentifikasi bukanlah yang baru. Menjadi bagian dari teknologi yang selalu rentan terhadap goyah, sejumlah hal dapat menyebabkan ponsel tidak mendeteksi kartu SD yang telah Anda masukkan. Jika Anda telah menghadapi kartu SD yang tidak terdeteksi masalah pada perangkat Android Anda, berikut adalah panduan sederhana dengan solusi untuk semua masalah kartu SD Anda.

Tips ke 1: Bersihkan atau gosok kartu SD dengan baik

Jika Anda telah menggunakan kartu SD pada perangkat Anda untuk beberapa saat dan tiba-tiba berhenti berfungsi, trik ini mungkin hanya bekerja untuk Anda. Karena setiap sudut dan celah pada perangkat Android Anda seperti port pengisian daya dan jack headphone mengakumulasi semua jenis debu dan pasir, maka tidak aneh jika kartu SD Anda juga tercakup dalam kotoran.

Mungkin alasan mengapa kartu SD Anda tidak terdeteksi adalah karena ditutupi dengan kotoran. Yang mungkin diperlukan hanyalah menggosok dengan baik dan lembut, jadi ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk membersihkannya.

Bagaimana mengatasi ponsel Android yang tidak mendeteksi masalah kartu SD - 7 solusi mudah
  • Keluarkan kartu memori eksternal Anda dari ponsel atau tablet Android Anda. Pastikan perangkat Anda dimatikan sebelum Anda melakukan ini.
  • Gunakan penghapus karet berwarna putih dan gosok dengan lembut potongan tembaga ( warna kuning emas ) pada kartu MicroSD Anda untuk membersihkan kotoran.
  • Jika Anda memiliki pembersih cat kuku, oleskan dengan ujung-Q dan gosokkan dengan lembut ke titik kontak kartu SD untuk melepaskan erosi.
  • Biarkan kartu SD mengering dan begitu Anda yakin kartu itu bersih, pasang kembali ke slot memori lalu nyalakan ponsel atau tablet Android Anda.

Dengan sedikit keberuntungan, itu seharusnya berfungsi sekarang dan Anda seharusnya tidak memiliki masalah lagi dengan kartu SD Anda yang tidak terdeteksi pada ponsel Anda. Tetapi jika masalah berlanjut, lanjutkan ke Tips kedua di bawah ini.

Tips ke 2: Hapus kartu SD dan semua data

Solusi ini mungkin tidak menjadi masalah bagi Anda jika kartu SD Anda kosong atau yang baru. Namun, menghapus kartu MicroSD Anda benar-benar dapat membuat Anda kehilangan semua gambar penting, video, dan file lain yang tersimpan di sana.

Jika kartu SD Anda rusak atau rusak, data yang Anda simpan sudah berisiko dihancurkan. Sebelum Anda melanjutkan untuk menghapus semua konten kartu SD Anda, coba gunakan dengan telepon lain atau sambungkan ke komputer Anda menggunakan pembaca kartu.

Bagaimana untuk memecahkan Android ponsel tidak mendeteksi SD card masalah
Bagaimana untuk memecahkan Android ponsel tidak mendeteksi SD card masalah

Jika Anda dapat membaca data dan file kartu MicroSD Anda, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah mencadangkan semua konten Anda segera. Setelah data Anda disimpan dan tidak ada ruginya, Anda dapat melanjutkan dan melakukan reset pabrik pada kartu SD Anda.

Ini adalah bagian di mana Anda menghapus semua yang ada di penyimpanan eksternal Anda. Ikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Buka aplikasi ‘ Pengaturan ‘ pada perangkat Anda dan kemudian gulir ke bawah untuk menemukan tab Penyimpanan .
  • Temukan opsi ‘ Hapus kartu SD ‘ dan ketuk. Ini menghapus semua data dan membuatnya tampak seperti memori baru.
  • Setelah Anda menghapus konten kartu SD Anda, reboot perangkat Anda dan periksa untuk melihat apakah Anda telah berhasil menyelesaikan kartu SD yang tidak terdeteksi masalah Android.

Dalam banyak kasus, menghapus kartu SD sepenuhnya telah memecahkan masalah bagi pengguna. Tetapi jika itu tidak berhasil untuk Anda, lanjutkan ke solusi ketiga yang mungkin di bawah ini.

Tips ke 3: Gunakan PC Anda untuk mendiagnosis

Pada tahap ini, Anda perlu melakukan sesuatu yang lebih teknis dari sekadar menyeka kartu MicroSD Anda atau menghapus datanya. Karena masalah yang muncul dengan telepon yang tidak mendeteksi kartu SD dapat juga terkait dengan perangkat lunak, Anda akan memerlukan bantuan komputer Anda untuk melihat bagaimana masalah tersebut dapat didiagnosis dan diperbaiki.

  • Hubungkan perangkat Android Anda ke PC atau laptop melalui kabel USB.
  • Pastikan perangkat terhubung ke MSC (mode penyimpanan massal) , bukan MTP (mode transfer media) . Anda dapat melakukan ini dengan mengakses bayangan notifikasi setelah Anda menghubungkan perangkat Android Anda.
  • Luncurkan Windows Explorer di PC Anda dan klik kanan pada driver kartu MicroSD yang terlihat di layar. Di opsi yang muncul, pilih Properti> Alat> Pemeriksaan Kesalahan . Tunggu seluruh proses selesai.
  • Komputer akan berusaha memperbarui perangkat lunak driver untuk kartu SD Anda dan memperbaiki kesalahan yang ada yang menyebabkan kegagalan fungsi.
  • Setelah selesai, keluarkan kartu SD Anda dan masukkan kembali ke slot memori di ponsel atau tablet Anda. Periksa apakah itu berfungsi.

Dalam kebanyakan kasus, jika kartu SD Anda terdeteksi oleh komputer Anda dan berfungsi dengan baik, masalah ini mungkin terkait dengan perangkat Android. Namun, jika solusi di atas tidak membuat pesan “perangkat ini tidak mendukung kartu SD ini” hilang, pergilah ke solusi berikutnya.

Tips ke 4: Format kartu SD Anda dengan komputer

Jika kartu MicroSD Anda terdeteksi di PC, tetapi tidak muncul di ponsel cerdas Anda, ini berarti Anda tidak dapat menghapusnya menggunakan Android Anda. Namun, Anda dapat menggunakan komputer Anda untuk memformat kartu SD secara langsung, jadi silakan dan coba perbaikan ini.

Bagaimana mengatasi ponsel Android yang tidak mendeteksi masalah kartu SD - 7 solusi mudah
  • Buat folder di penyimpanan hard disk PC Anda, dan beri nama sesuka Anda. Folder ini akan digunakan sebagai penyimpanan sementara untuk membuat cadangan file pada kartu SD Anda yang tidak berfungsi.
  • Rekatkan seluruh konten kartu microSD Anda ke folder ini sebagai cadangan.
  • Buka ‘My Computer “, klik kanan pada kartu SD Anda seperti yang ditunjukkan di antara perangkat penyimpanan dan pilih opsi” Format “dan gunakan untuk menghapus kartu MicroSD Anda.
  • Setelah proses format selesai, salin kembali data yang Anda simpan di komputer dari folder ke kartu SD.
  • Keluarkan kartu SD dari komputer Anda dan colokkan ke telepon Anda dan periksa apakah kartu itu muncul di bawah penyimpanan eksternal.
  • Jika tidak berhasil pertama kali, Anda dapat mencoba mengulangi langkah-langkah itu lagi.

Jika metode memperbaiki kartu SD ini tidak mendeteksi masalah Android, maka segala sesuatunya tampak suram. Namun, Anda masih bisa melalui solusi berikutnya untuk melihat apakah masalah kartu SD terkait dengan kompatibilitas.

Tips ke 5: Periksa kompatibilitas perangkat Android Anda

Salah satu masalah yang dihadapi sebagian besar pengguna ponsel Android lama adalah kenyataan bahwa kartu SD dikenali oleh komputer mereka, tetapi tidak pada perangkat mereka. Salah satu alasan utama masalah ini adalah fakta bahwa kartu SD Anda tidak kompatibel dengan ponsel cerdas Anda.

Misalnya, kartu MicroSD versi terbaru seperti SDXC dibuat untuk kecepatan yang lebih tinggi dengan kapasitas penyimpanan ekstra. Format kartu SD ini tidak didukung oleh perangkat Android kelas bawah dan lebih lama.

Bagaimana mengatasi ponsel Android yang tidak mendeteksi masalah kartu SD - 7 solusi mudah

Selain itu, sebagian besar perangkat Android memiliki batas hingga mereka mendukung jenis kartu SD tertentu. Misalnya, jika Anda menemukan kartu Samsung J5 SD Anda tidak berfungsi, ini mungkin karena Anda menggunakan kartu SD berkapasitas lebih tinggi yang kompatibel dengan telepon.

Jika kartu SD tertentu tidak terdeteksi oleh perangkat Android Anda, cobalah menukarnya dengan kartu SD dasar untuk melihat apakah masalahnya telah terpecahkan. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang keaslian kartu MicroSD Anda, lanjutkan ke solusi akhir.

Tips ke 6: Minta seorang profesional memeriksa perangkat Anda

Sementara tanda-tanda pada kartu SD yang rusak cukup jelas dengan pin konektor yang berkarat dan retak, mencari tahu apakah slot kartu SD hampir mustahil. Satu-satunya cara untuk mengetahui apakah perangkat keras ponsel, yang merupakan slot kartu SD rusak, adalah dengan membukanya dan memverifikasi pin konektor dan kabel flex.

Untuk pengguna non-techy, detail ini mungkin sudah tampak cukup menakutkan, itulah sebabnya kami menyarankan Anda membuat janji dengan dokter telepon segera. Tergantung pada apakah slot kartu SD perlu dibersihkan atau diganti, masalah ini kemungkinan besar tidak akan dikenakan biaya apa pun jika ponsel Anda masih dalam garansi.

Tips ke 7: Periksa untuk melihat apakah kartu SD Anda asli

Sebagian besar masalah terkait kartu SD muncul saat perangkat penyimpanan sudah terlalu tua dan rusak, atau jika kartu SD tidak 100% asli. Bahkan jika Anda benar-benar membeli kartu MicroSD secara online, masih ada kemungkinan bahwa perangkat tersebut dapat menjadi tiruan dekat dari produk asli.

Jika Anda tidak cukup berhati-hati untuk melihat keanehan dalam kemasan kartu MicroSD, Anda masih dapat mengetahui apakah kartu SD Anda palsu atau asli dengan aplikasi bernama SD Insight.

Bagaimana mengatasi ponsel Android yang tidak mendeteksi masalah kartu SD - 7 solusi mudah

Catatan: Aplikasi ini bukan untuk jika perangkat Android Anda tidak dapat mendeteksi penyimpanan eksternal sama sekali. Jika Anda dapat mendeteksi kartu SD tetapi mengalami masalah dengannya, Anda dapat menggunakan metode ini untuk mengetahui apakah itu versi asli atau tidak.

  • Unduh aplikasi SD Insight dari Google Play Store.
  • Masukkan kartu SD ke perangkat Anda dan setelah dikenali, buka aplikasi SD Insight.
  • Anda dapat memverifikasi detail seperti nama pabrik, nomor seri, tahun pembuatan, dan lainnya dengan paket untuk memastikan bahwa mereka cocok.
  • Jika aplikasi SD Insight memberi Anda pesan seperti “kartu SD tidak valid” atau “Asal tidak diketahui” itu mungkin berarti bahwa kartu SD rusak baik untuk yang palsu.

Dengan menggunakan aplikasi ini, Anda juga dapat memverifikasi ruang penyimpanan sebenarnya dari kartu MicroSD. Meskipun akan ada perbedaan setidaknya 1GB antara apa yang dinyatakan pabrikan dan seberapa banyak perangkat membaca, tetapi apa pun yang lebih dari itu harus menaikkan bendera merah.

Apakah Anda akhirnya dapat mengambil solusi untuk masalah ponsel Anda yang tidak mendeteksi kartu SD di Android? Pastikan untuk menyebutkan metode lain yang berguna untuk mengatasi masalah kartu SD di Android di bagian komentar di bawah ini, karena berbagi itu peduli!

You may also like...

1 Response

  1. 6 April 2019

    […] Jangan lewatkan: Punya Masalah Dengan Kartu MicroSD Tidak Mendeteksi Coba 7 Tips ini […]

Leave a Reply

Your email address will not be published.