Penjelasan Tipe-Tipe Jaringan Android GPRS, EDGE, 3G, HSDPA, 4G/LTE

Penjelasan Tipe-Tipe Jaringan Android GPRS, EDGE, 3G, HSDPA, 4GLTE
Penjelasan Tipe-Tipe Jaringan Android GPRS, EDGE, 3G, HSDPA, 4GLTE

Ponsellular.Com –Lewatlah sudah hari-hari ketika ponsel digunakan terutama untuk panggilan suara. Sekarang telepon seluler telah menjadi pintar dan jutaan orang menggunakan internet melalui ponsel cerdas mereka. Di berbagai negara, kualitas dan kecepatan Internet seluler berbeda-beda tergantung pada kemajuan industri telekomunikasi.

Masih ada yang bingung apa itu GPRS, EDGE, 3G, HSDPA, 4G/LTE dan yang lainnya? Ini merupakan suatu jaringan yang digunakan menggunakan sinyal seperti koneksi pada handphone atau modem untuk mengakses atau menghubungkan perangkat anda ke internet. Untuk lebih jelasnya langsung saja kita bahas penjelasan jaringan sinyal berikut.

1.GPRS (Global Package Radio Service)

Adalah suatu teknologi yang memungkinkan pengiriman dan penerimaan data dalam bentuk paket data yang berkaitan dengan e-mail, data gambar, dan penelusuran internet. GPRS yang juga disebut teknologi 2.5G merupakan evolusi dari teknologi 1G dan 2G sebelumnya. Layanan GPRS tersebut dapat dipasang pada jenis ponsel tipe GSM dan IS-136. Di Indonesia, GPRS diperkenalkan pada tahun 2001 saat penyedia jaringan seperti IM3 mempromosikannya.

Idealnya jaringan GPRS memiliki kecepatan mulai dari 56 kbps sampai 115 kbps, namun kenyataannya, hal tersebut tergantung dari faktor-faktor seperti konfigurasi dan alokasi time slot pada level BTS, software yang digunakan, dan dukungan fitur dan aplikasi ponsel yang digunakanEDGE (Enhance Data rates for Global Evolution

2.EDGE (Enhance Data rates for Global Evolution

Merupakan kelalnjutan evolusi dari GSM dan IS-136 dengan tujuan pengembangan teknologi untuk meningkatkan kecepatan transmisi data, efisiensi spektrum, dan memungkinkannya penggunaan aplikasi-aplikasi baru serta meningkatkan kapasitas. Jaringan EDGE juga disebut sebagai teknologi 2.5G diperkenalkan pertama kali oleh Cingular (sekarang AT&T) di Amerika Serikat pada tahun 2003. Jaringan EDGE pada idealnya memiliki kecepatan mencapai 236 kbps.

Ini juga disebut Peningkatan GPRS. Teknologi ini terletak di suatu tempat di antara teknologi 2G dan 3G. Jadi, beberapa orang menyebutnya sebagai 2.5G. EDGE lebih cepat daripada GPRS tetapi masih belum cukup baik untuk menjelajah Internet. Dibutuhkan banyak waktu dalam memuat situs web ketika bar sinyal Anda menunjukkan huruf E bersama.

3.WCDMA (Wide-band Code-Division Multiple Access)

WCDMA juga merupakan teknologi 3G. Ini adalah singkatan dari Wide-band Code-Division Multiple Access (CDMA). Menariknya, teknologi ini sebenarnya digunakan dalam sistem GSM. WCDMA di GSM meningkatkan kecepatan transmisi data dengan menggunakan antarmuka udara CDMA. International Telecommunications Union telah mengadopsi WCDMA.

4.Teknologi 3G (Third-Generation Technology)

3G berarti teknologi telepon seluler generasi ketiga. Ia menggunakan Sistem Telekomunikasi Seluler Universal dan didasarkan pada standar GSM. sebelumnya yang memiliki kapasitas pengiriman dan penerimaan dari lebih besar dan lebih cepat. Oleh karena itulah, teknologi ini dapat digunakan untuk melakukan video call. Teknologi 3G sering juga disebut dengan mobile broadband karena keunggulannya sebagai modem untuk internet yang bersifat portable.

Perkembangan 3G secara komersial dimulai pada tahun 2001 di Jepang oleh NTTDoCoMo yang kemudian disusul oleh Korea Selatan pada tahun 2002. Idealnya teknologi ini memiliki kecepatan transfer data pada level minimum 2Mbps pada pengguna yang berada pada posisi diam ataupun berjalan kaki, dan 384 kbps pada pengguna yang berada di dalam kendaraan yang sedang berjalan.Biasanya 3G lebih cepat daripada EDGE dan Anda dapat dengan mudah menjelajahi situs web dan streaming musik.

5.HSDPA (High-Speed Downlink Packet Access)

Merupakan teknologi yang disempurnakan dari teknologi sebelumnya yang juga dapat disebut 3.5G, 3G+ atau Turbo 3G yang memungkinkan jaringan berbasis Universal Mobile Telecommunication System (UMTS) memiliki kecepatan dan kapasitas transfer data yang lebih tinggi. Penggunaan HSDPA saat ini menyokong kecepatan penelusuran dari 1.8, 3.6, 7.2 hingga 14 Mpbs.

Oleh karena itulah jaringan HSDPA ini sangat memungkinkan untuk digunakan sebagai modem internet pada computer ataupun notebook. Pemasaran HSDPA dalam bentuk modem yang digunakan sebagai koneksi mobile broadband baru diperkenalkan pada tahun 2007. Pada Agustus tahun 2009, 250 jaringan HSDPA secara komersial telah meluncurkan layanan mobile broadband di 109 negara.

4.High-Speed Packet Access (HSPA)

HSPA merupakan hasil pengembangan teknologi 3G gelombang pertama,Ini ditingkatkan Lebih cepat dari HSPA dasar (seperti yang dijelaskan di atas). Transfer data yang relatif lebih cepat di HSPA akan membuat video Anda untuk diunduh atau streaming lebih lancar.

Jaringan HSPA sebagian besar tersebar pada spektrum 1900 MHz dan 2100 MHz namun beberapa berjalan pada 850 MHz. Spektrum yang lebih besar digunakan karena operator dapat menjangkau area yang lebih luas serta kemampuannya untuk refarming dan realokasi spektrum UHF.

HSPA menyediakan kecepatan transmisi data yang berbeda dalam arus data turun (downlink) dan dalam arus naik (uplink), terkait standar pengembangan yang dilakukan Third Generation Partnership Project (3GPP). Perkembangan lanjutan HSPA dapat semakin memudahkan akses ke dunia maya karena sarat fitur rapi dan canggih sehingga dapat mengurangi biaya transfer data per megabit.

6.4G/LTE (Long Term Evolution)

Jika Anda melihat 4G di dekat bilah sinyal di ponsel Anda, Anda beruntung! Ini berarti Anda menggunakan koneksi internet seluler tercepat yang tersedia di dunia saat ini. 4G adalah teknologi mobile generasi keempat. Ini juga disebut LTE (Long Term Evolution). Koneksi 4G berfungsi sebaik koneksi wi-fi di rumah atau kantor Anda. Dengan koneksi seperti itu Anda dapat melakukan semua hal di ponsel Anda yang dapat Anda lakukan di desktop Anda.

Adalah sebuah standar komunikasi akses data nirkabel tingkat tinggi yang berbasis pada jaringan GSM/EDGE dan HSPA. Jaringan antarmuka-nya tidak cocok dengan jaringan 2G dan 3G, sehingga harus dioperasikan melalui spektrum nirkabel yang terpisah. Teknologi ini mampu download sampai dengan tingkat 300mbps dan upload 75mbps. Layanan LTE pertama kali dibuka oleh perusahaan TeliaSonera di Stockholm dan Oslo pada tanggal 14 desember 2009.

7.Rangkuman jaringan 5G masa depan (2020)

5G adalah hal besar berikutnya dalam komunikasi seluler. Ini menjanjikan kecepatan yang lebih cepat dan latensi yang lebih rendah, dan membuka pintu untuk satu set kasus penggunaan baru untuk smartphone dan jauh melampaui itu. Namun, kami masih dalam tahap awal persiapan jaringan untuk standar gen berikutnya. Kami bahkan belum mencoba ponsel 5G pertama yang kompatibel.

Apa itu 5G, dan apa yang bisa kita harapkan darinya?
Produsen smartphone menargetkan 2019 sebagai tanggal peluncuran paling awal untuk ponsel 5G pertama mereka yang sebenarnya, tetapi mereka pasti akan berada di tingkat premium pasar. ponsel mainstream akan menjadi satu atau dua tahun di belakang, setidaknya. Huawei mengatakan itu menargetkan rilis Q3 2019. ZTE menjadi sedikit lebih ambisius dengan tanggal 2019 awal yang ditulis. Mod Moto untuk Play Z3 bisa membawa dukungan lebih awal.

Namun, pabrikan lain, termasuk pemimpin industri Apple dan Samsung, menjaga rencana mereka tetap tersembunyi. Kami membayangkan kami akan melihat ponsel 5G yang kompatibel dari sebagian besar produsen di beberapa titik pada tahun 2019, berdasarkan kemitraan resmi untuk modem X50 milik Qualcomm.

Saya harap informasi ini berguna untuk Anda. Jangan ragu untuk bertanya jika Anda memiliki pertanyaan tentang topik ini. Saya akan dengan senang hati mencoba dan membantu. Terima kasih telah menggunakan Ponsellular.

You may also like...

1 Response

  1. 16 April 2019

    […] Mugkin anda juga suka ini: Penjelasan Tipe-Tipe Jaringan Android GPRS, EDGE, 3G, HSDPA, 4G/LTE […]

Leave a Reply

Your email address will not be published.