3 Cara Sederhana Untuk Memperbarui Firmware Android

cara sederhana untuk memperbarui firmware Android
cara sederhana untuk memperbarui firmware Android

Menjaga firmware Android Anda selalu terbarui sangatlah penting – seperti halnya menggunakan ponsel cerdas Anda tanpa batasan, itulah sebabnya kami juga menyarankan untuk membuka kunci ponsel Anda saat Anda menggunakannya.

Android yang memberdayakan ponsel Anda disebut, dalam istilah yang lebih teknis, firmware.

Jika ponsel Anda akan menjadi komputer yang didukung Windows, maka versi firmware akan menjadi Windows XP, Windows 7, atau Windows 10, dengan banyak iterasi untuk setiap versi luas. Ini kurang lebih seperti yang terjadi pada ponsel Android Anda – secara berkala, Google merilis versi Android baru yang meningkatkan fitur dan memperbaiki risiko keamanan.

Apa sebenarnya firmware Android?

Seperti yang sudah diketahui oleh pembaca yang mengerti teknologi, firmware adalah sekumpulan program dan perangkat lunak (Software) yang diinstal pada ROM (read only memory) perangkat. Dalam sebagian besar kasus, firmware perangkat tidak dapat dimodifikasi atau dikustomisasi, karena tetap berada di luar jangkauan konsumen biasa.

Namun, berbagai hal menjadi berbeda ketika datang ke Android karena seluruh sistem operasi seluler dikompresi dan disimpan dalam bentuk yang dapat ditulis yang disebut NAND flash memory. Semua jargon teknis ini pada dasarnya bermuara pada kenyataan bahwa tidak seperti Anda menjalankan firmware pabrik, firmware Android yang lebih dikenal sebagai Android ROM terbuka untuk modifikasi.

Sebagian besar waktu, merupakan ide bagus untuk menjaga ponsel Anda tetap mutakhir dengan menginstal firmware terbaru. Beberapa alasan terbaik untuk melakukannya meliputi:

  • Daya tahan baterai lebih baik
  • Menghilangkan gagap dan kelambatan
  • Konektivitas yang lebih baik
  • Peningkatan transfer data
  • Kompatibilitas dengan aplikasi terbaru
  • Perubahan desain
  • Fitur dan optimisasi tambahan

Kelemahan ada juga, tetapi mereka cukup langka. Anda tidak akan dapat menginstal firmware terbaru pada ponsel yang Anda beli 8 tahun yang lalu, karena kemungkinan besar tidak akan dapat menangani fitur-fitur baru yang disertakan dengan firmware. Namun, kecuali kasus-kasus langka ini, Anda harus selalu berusaha untuk selalu mengikuti perkembangan firmware Anda, meskipun itu hanya dari sudut pandang keamanan.

Dan sejauh itu, Kami mendukung Anda. Kami akan menunjukkan kepada Anda tiga cara untuk mengikuti peningkatan firmware – dan jangan khawatir, Anda tidak harus menjadi ahli untuk tetap mengikuti:

  • Gunakan situs web produsen perangkat Android untuk mengunduh pembaruan resmi.
  • Gunakan pembaruan OTA dan dapatkan pembaruan langsung melalui antarmuka perangkat Anda.
  • Gunakan perangkat lunak resmi pabrikan perangkat Android untuk mengunduh pembaruan firmware.

Kami akan menguraikan apa yang ditawarkan setiap opsi kepada Anda, pro dan kontra, dan bagaimana cara melakukannya. Setelah Anda memahami setiap opsi secara terperinci, akan lebih mudah bagi Anda untuk memperbarui ponsel Anda.

Opsi 1: Gunakan situs resmi pabrikan untuk mengunduh pembaruan firmware Android

Hampir setiap produsen di industri ponsel cerdas menyediakan pembaruan melalui situs web mereka. Metode ini akan memberi Anda firmware resmi terbaru untuk ponsel Android Anda, asalkan tentu saja produsen pilihan Anda adalah di antara mereka yang menawarkan firmware untuk diunduh.

Metode pembaruan perangkat lunak Android ini tidak tersedia untuk setiap produsen Android seperti Samsung. Satu-satunya cara untuk memperbarui perangkat Samsung Galaxy adalah melalui perangkat lunak Odin secara tidak resmi, atau secara resmi melalui penggunaan Samsung Smart Switch.

HTC Sync Manager: Dikembangkan oleh perusahaan teknologi Taiwan untuk membantu pengguna mengelola perangkat Android HTC mereka, yang tersedia di situs web resmi . Selain mengelola konten perangkat Anda dan menyinkronkan data ke komputer, HTC Sync Manager juga memungkinkan Anda untuk menginstal pembaruan firmware Android terbaru yang tersedia secara resmi.

Sony Flash Tool: Diciptakan oleh Sony untuk membantu pengguna dan pengembang mem-flash perangkat Sony Xperia mereka, Sony Flash Tool sangat mirip dengan Samsung Odin. Meskipun Anda perlu membuka kunci bootloader perangkat Xperia Anda untuk menggunakan alat ini, ini membantu Anda mem-flash stock serta custom firmware dengan mudah.

LG PC Suite: Mirip dengan iterasi HTC, LG Pc Suite menawarkan antarmuka pengguna yang hebat untuk membantu Anda membuat cadangan, memulihkan, dan memperbarui perangkat LG Android Anda. Tersedia di bagian pengunduhan resmi LG perangkat lunak PC ini untuk memperbarui firmware Android juga dilengkapi dengan fitur-fitur seperti SmartShare untuk membantu Anda secara instan berbagi media dan konten antara ponsel dan PC Anda.

Mi PC Suite: Karena ini adalah salah satu klon yang paling dekat dengan Apple, wajar jika Xiaomi juga memiliki Mi PC Suite seperti iTunes . Dirancang agar terlihat fantastis, berfungsi ganda sebagai cara untuk berbagi internet PC Anda dengan ponsel Anda, bertindak sebagai pengelola file, membantu dalam pencadangan dan pemulihan, dan memberi Anda serangkaian alat untuk mem-flash firmware Android pada perangkat Mi.

Terlepas dari alat resmi ini untuk mengunduh firmware Android dan mem-flash-nya ke perangkat Anda, ada juga opsi pihak ketiga. Misalnya, KDZ Firmware Updater adalah alat yang hebat untuk perangkat LG untuk memperbarui perangkat lunak secara tidak resmi, sementara RSD Lite untuk perangkat Motorola juga merupakan pilihan yang bagus. Namun, ini adalah alat yang dikembangkan oleh komunitas Android dan tidak didukung oleh produsen, jadi telusuri dengan cermat.

Opsi 2: Gunakan metode pengunduhan firmware Android OTA

Ini adalah metode paling sederhana dan paling aman untuk mengunduh dan menginstal firmware dan paling sering digunakan oleh sebagian besar pengguna ponsel cerdas. Karena sebagian besar produsen tertarik untuk membantu Anda mendapatkan yang terbaik dari pembaruan terbaru, Android hadir dengan kemampuan untuk mengambil pembaruan OTA (over-the-air).

cara sederhana untuk memperbarui firmware Android

Sementara OS Android dirancang untuk memberi tahu Anda secara otomatis ketika pembaruan firmware baru tersedia, itu tidak selalu sempurna. Bergantung pada jaringan seluler atau nirkabel Anda, Anda tidak selalu menerima pemberitahuan dan terkadang Anda mungkin harus mencari pembaruan OTA secara manual.

Cukup buka aplikasi Pengaturan di perangkat Android Anda dan cari opsi “Pembaruan Perangkat Lunak” di antarmuka ponsel cerdas Anda. Beberapa perangkat juga memiliki aplikasi yang sepenuhnya terpisah untuk Pembaruan Sistem. Cukup ketuk “Periksa Pembaruan” dan Anda akan secara otomatis dapat melihat pembaruan terbaru langsung di perangkat Anda jika ada. Metode ini bergantung pada pembaruan pabrikan, dan Anda dapat mengharapkan penundaan tergantung pada wilayah Anda.

Catatan: Beberapa produsen menyediakan fitur khusus untuk wilayah yang dipilih secara khusus, dan membatasi mereka untuk yang lain. Misalnya, fitur seperti VoLTE dan Wi-Fi Calling pada perangkat Samsung Galaxy dibatasi untuk wilayah tertentu.

Pembaruan OTA sebagian besar untuk perangkat terbaru yang pada dasarnya dijamin akan didukung oleh produsen untuk setidaknya satu tahun yang akan datang, sementara yang lebih tua memiliki masa tunggu yang relatif lama. Opsi “atur dan lupakan saja” ini bisa sangat berguna, dan jika Anda tidak ingin memiliki firmware terbaru pada hari itu dirilis maka itu pilihan yang cukup baik.

Opsi 3: Gunakan perangkat lunak resmi untuk mengunduh pembaruan firmware

Bergantung pada perangkat Android Anda dan seberapa populernya, Anda akan dapat menemukan banyak sumber untuk unduhan firmware Android terbaru di seluruh internet. Meskipun mungkin tampak menggoda, menginstal ROM Android yang korup atau yang diakibatkan malware dapat mengeja apa pun selain masalah.

Jika Anda mencari cara resmi untuk memperbarui firmware Android Anda tanpa mengunduh ROM, kami sarankan Anda memilih tidak lain dari perangkat lunak resmi yang disediakan oleh pabrikan perangkat Anda. Hampir setiap pabrikan Android arus utama memiliki suite “mirip iTunes” mereka sendiri untuk membantu pengguna memperbarui perangkat mereka dan mengelola data mereka.

cara sederhana untuk memperbarui firmware Android

Misalnya, jika Anda memiliki perangkat Samsung Galaxy, Anda dapat mengunduh perangkat lunak Samsung Smart Switch untuk mengunduh firmware Android secara resmi. Samsung juga menyediakan perangkat lunak Kies untuk perangkat Galaxy yang lebih lama, yang membantu Anda tidak hanya memperbarui telepon ke versi Android terbaru yang tersedia, tetapi juga menyinkronkan dan membuat cadangan data pribadi Anda.

Mirip dengan pembaruan OTA, opsi ini hanya akan membawa Anda menjadi firmware Android terbaru melalui saluran resmi. Ini berarti Anda tidak dapat menginstal custom ROM atau firmware firmware Android dari wilayah lain, yang membatasi pilihan Anda.

Apakah panduan komprehensif tentang cara mengunduh pembaruan firmware Android ini membantu perangkat Anda disetel dan berjalan di semua silinder? Kami telah melakukan yang terbaik untuk merampingkan proses dan membuatnya mudah untuk diikuti, tetapi jika pertanyaan muncul, Tinggalkan komentar di bawah ini atau di forum Ponsellular dan kami akan melakukan yang terbaik untuk membantu .

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published.